Sabtu, 12 Maret 2016

Penyebab Bluescreen Pada Laptop Toshiba L510

Penyebab Bluescreen Pada Laptop Toshiba L510 - Beberapa waktu yang lalu saya menerima servisan masuk yaitu Laptop Toshiba L510 menurut keterangan yang saya dengar dari pemiliknya katanya laptop tersebut sering mati dan dan restart sendiri. Setelah saya analisa secara software saya pikir ini cuman masalah pada software saja dan langsung saya instal ulang dan ternyata apa yang terjadi? Alhamdulillah laptopnya bluescreen lagi tpi kali lebih parah dari sebelumnya.
Barangkali mungkin ada sebagian sobat-sobat yang masih setia menggunakan jenis laptop ini (Toshiba L510) saran saya agar jika mengalami kasus seperti di atas jangan dulu terburu-buru melakukan instal ulang karena kasus semacam ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada hardwarenya.

Setelah saya menganalisa lebih jauh ternyata saya menemukan bahwa biang keroknya ternyata kapasitor Nec Tokin yang bermasalah. Mungkin ada sobat-sobat yang masih belum tau apai itu nec tokin, kapasitor ini memiliki fungsi sebagai penyimpan arus sementara. Nah, dari fungsinya saja sudah dapat diketahui kenapa laptopnya mati tiba-tiba atau bluescreen karena arus pada laptop tersebut tidak terpenuhi karena kapasitor nec tokin yang rusak jadi tidak mengherankan jika laptop mengalami bluescreen.

Cara Mudah Mengganti Tokin dengan Kapasitor Lain.

1. Siapkan Capasitor SMD Tantalum 330uf 2.5v bisa dibeli di toko sparepart komputer atau di toko elektronik

2. Silahkan bongkar laptop sobatdengan hati-hati dan lihat di bagian bawah tepat di bawah letak prosesor lihat contoh seperti gambar di bawah


3. Setelah itu sobat akan menemukan letak kapasitor nec tokin cara membukanya sobat bisa lihat videonya disini

4. Setelah kapasitor nec tokin berhasil dilepas bersihkan permukaanya dengan solder

5. Saatnya memasang kapasitor SMD Tantalum 330uf 2.5v sebagai pengganti nec tokin. Untuk cara memasangnya sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini INGAT!! jangan sampai terbalik perhatikan letak Positif dan Negativ.


6. Setelah kapasitor berhasil di pasang silahkan sobat nyalakan laptopnya dan perhatikan dengan seksama apakah masih terjadi bluescreen jika laptop tidak bisa hidup kemungkinan besar terjadi kesalahan pada pemasangan kapasitor atau terbalik posisinya.

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Penyebab Bluescreen Pada Laptop Toshiba L510 semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja.

0 komentar

View MoreHOTTEST ARTICLES